Senin, 26 Desember 2011

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI OPERATING SISTEM WINDOWS XP

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI OPERATING SISTEM WINDOWS XP
v  Siapkan CD master Microsoft Windows Xp.
Dalam pembelian CD Windows Xp ada 2 pilihan, yaitu versi Tray dan versi Box, untuk versi Tray hanya berbentuk CD dan buku manual saja, sedangkan untuk versi Box ada boxnya.

Masukan ke Menu BIOS untuk mencari fasilitas BOOT pertama kali lewat CD/DVD ROM. Tergantung BIOS yang ada, bisa menekan tombol DEL/ESC/F1 berulang-ulang saat pertama kali computer dijalankan/dihidupkan.

“ firs boot device  [USB-CD] “

Pada contoh diatas termasuk Award Bios, Misalkan diatas contohkan ad gmbarny,pada gambar diatas yg diligkari ubahlah menjadi CD/DVD. Jika sudah, simpan perubahan tersebut dengan menekan F10, setelah itu simpan setting tersebut dan keluar.
Proses Booting akan mendeteksi CD/DVD dahulu, jika benar maka akan muncul proses instalasi Microsoft Windows (selanjutnya disebut saja dengan Windows). Tekan sembarang tombol untuk memasuki proses instalasi Windows.

1.      CD Windows xp akan dibaca , dan akan keluar keterangan yang membingungkan di bawahnya, itu adalah indikasi bawah windows sedang me-load file-file tertentu untuk proses instalasi.
2.      Jika Windows sudah selesai membaca file-file tersebut maka akan muncul tampilan
“ Welcome Setup “ berikut ada pilihan.
Ø  To set up windows xp now press enter
Maksudnya kita memulai melakukan instalasi Windows, maka cukup menekan tombol ENTER.
Ø  To repair a windows xp installation using recovery console, press R
Maksudnya bahwa untuk recovery windows jika terjadi masalah system tetapi ini jika kita sudah menginstal windows terlebih dahulu.
Ø  To quit setup without installation windows xp, press F3
Tujuannya adalah membatalkan proses instalasi windows.
3.      Jika kita menekan ENTER maka kita akan menuju langkah selanjutnya yaitu persyaratan untuk tunduk pada Licensing Agreement, dan anda harus menjawabnya dengan menekan F8, jika tidak dijawab atau ditolak maka anda tidak akan dapat meneruskan proses instalasi, jika anda setuju terhadap persyaratan tersebut
(siapa pernah baca peraturan?) maka akan masuk tahap berikutnya.
4.      Jika anda setuju saatnya masuk ke proses pemilihan partisi harddisk, seandainya harddisk tersebut masuk maka akan dapat tampilan seperti ini.
Maksudnya proses instalasi membaca adanya harddisk yang besarny 19093 M atau
20 GB, jika anda sudah yakin sesuai dengan keberadaan harddisk tersebut maka tekan Enter saja, untk melakukan proses formatting harddisk, Format Harddisk adalah membentuk blok dan cluster di dalam kepingan harddisk.
5.      Proses formatting harddisk
Anda bisa memilih partisi, bisa FAT atau NTFS. Jika pilihan sudah benar pilih salah satu dan tekan Enter, maka instalasi akan meneruskan ketahap selanjutnya.
6.      Proses selanjutnya akan secara otomatis me-load file-file windows untuk di copy ke dalam harddisk. Jika selesai ter-copy saatnya booting ulang, alias restart dengan sendirinya. Proses instalasi selanjutnya akan dimulai dengan munculnya logo windows.

7.      Setelah melewati tahap ini kita diminta untuk memasukan parameter yang diminta dalam proses instalasi. Regional and Language Options, adalah memasukan lokasi dan bahasa yang digunakan, untuk bahasa Indonesia saat ini belum ada kecuali dalam Windows xp Starter Edition.

8.      Tahap selanjutnya adalah memasukan nama dan perusahaan anda.

9.      Memasukan 25 key yang ada di Box atau CD.

10.  Proses selanjutnya memasukan password system, password disini bukan password saat kita masuk ke windows, tetapi password yang akan digunakan jka kita hendak mereparasi windows atau masuk safe mode.

11.  Memasukan setting jam dan tanggal serta Time Zone.

12.  Setting network bisa anda abaikan dengan tekan typical saja. Sampai saat ini kita akan menunggu sampai windows selesai melakukan instalasi jika proses selesai, windows akan melakukan restart atau booting ulang. Stelah booting ulang maka windows akan melakukan setting lagi bagi pengguna atau final setup, setting terakhir dan windows akan mulai bisa digunakan secara default. Ucapan Welcome to Microsoft Windows akan muncul, kita memasukan nama pengguna dengan menekan tombol disebelah kanan bawah. Langkah selanjutnya bisa anda lakukan sendiri.

13.  Dan terakhir selesai dengan tampilan desktop Windows xp.

SPESIFIKASI MINIMAL WINDOWS XP
Oleh : kasep_bou di http://forum.upi.edu
Proc     : p2 450 MHz
Ram     : 128 MB
VGA   : 32 MB
HD      : Minimal 7,5 GB
LANGKAH-LANGKAH INSTALASI PRINTER
v  Tancapkan kabel printer pada printer dan konektor parallel port male/konektor USB port pada computer dengan benar.
v  Pastikan catridge printer sudah terpasang dengan benar.
v  Hubungkan printer ke jala-jala listrik.
v  Dan pastikan pada aktivitas dalam printer tersebut (catridge bergerak)
v  Selanjutnya tinggal instalasi untuk software yaitu pemasangan driver.
Pada instalasi driver, biasanya pada system operasi Windows xp akan secara otomatis menjalankan file instalasi driver tersebut.
v  Masukan CD Driver sesuai jenis printer.
v  Setelah CD dimasukan, windows akan secara otomatis menjalankan file eksekusi dan akan muncul kotak dialog.
v  Setelah itu tekan tombol next, untuk konfirmasi bahwa anda akan menginstall driver tersebut. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog.
v  Klik tombol start, untuk memulai proses installasi dengan memilih option printer driver.
v  Setelah proses peng-copy-an file selesai, akan muncul kotak dialog.
v  Untuk selanjutnya tekan tombol manual selection untuk memilih port yang akan digunakan. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog. 
v  Setelah memilih port selesai, tekan tombol next dan proses installasi akan selesai dan printer siap digunakan.

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI DRIVER SCANER
·         Masukan CD driver scanner tersebut, dalam hal ini scanner yang akan di contohkan adalah scanner CanoScan 3200/3200F.
·         Langkah selanjutnya memilih bahasa yang akan digunakan dalam proses instalasi.
·         Selanjutnya adalah memilih sof tware yang di install, dalam hal ini software untuk mengambil gambar yang di ambil oleh scanner.
·         Setelah muncul kotak dialog pilih install the software, maka akan muncul lagi kotak dialog.
·         Pada kotak dialog tersebut, pengguna dapat memilih software yang akan di install. Kemudian klik tombol start installation.
·         Setelah itu tinggal mengikuti konfirmasi yang ditampilkan. Dan setelah proses instalasi, scanner siap digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar